Jumat, 19 November 2010

4 Alasan Membuat Blog

4 Alasan Membuat Blog
Saat ini budaya blogging di Indonesia sudah mulai tumbuh. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya blogger-blogger baru yang bermunculan. Bahkan anak-anak usia sekolah pun sudah mulai membuat blog. Tentu saja, hal ini adalah hal yang positif dan harus didukung. Namun, saat mereka yang ditanya “apa alasan kamu membuat blog…?” ada sebagian diantara mereka yang bingung, bahkan ada juga yang menjawab “Buat apa yah…? Iseng kali ya…?”
Mungkin pertanyaan seperti ini yang sering di ajukan banyak orang pada seorang blogger.
“Kenapa sih banyak orang yang bikin blog…?”
“Buat apa sih ngeblog…?”
Pertanyaan seperti itu sering aku terima, bahkan ada juga orang yang ngejek atau bahkan menghina. Tapi biarin aja, itu bukan merupakan hambatan buat ku untuk berhenti blogging. Tapi banyak juga orang yang suka bahkan memuji, dan itu adalah salah satu alasan aku untuk tetap ngeblog.
Menurut ku, ada 4 alasan utama yang mendasari seseorang untuk membuat blog.

1. Media Ekspresi

Alasan Membuat Blog
Jangan Malu Berekspresi
Banyak orang yang bingung untuk mengekspresikan dirinya dengan bebas. Baik itu ekspresi berupa rasa kesal, marah, benci, senang, gembira, bahagia, rasa syukur bahkan cinta. Adalah blog salah satu media yang bisa kita gunakan untuk memenuhi hasrat kita untuk menyalurkan ekspresi itu. Karena memang sifat dasar manusia yang selalu ingin mengekspresikan dirinya, bahkan tak sedikit pula orang yang ingin ekspresinya itu di publikasi dan berharap di perhatikan banyak orang. Jangan pernah takut atau malu untuk berekspresi. Jangan sembunyikan dirimu. Tunjukan semua yang kamu rasakan dan yang kamu fikirkan. Semua bebas dan sah, tapi ingat bebas berekspresi bukan berarti bebas tanpa batas. Tata krama dan sopan santun harus tetap dijunjung tinggi. Karena kita berekspresi lewat tulisan. Dan tulisan merupakan cerminan jiwa si penulis, bener ga…?! Selain berekspresi tentang perasaan mu, blog banyak pula digunakan untuk memceritakan kisah pribadi blogger empunya blog, kalau boleh dibilang blog juga bisa buat tempat curhat tentang perasaan mu. Tapi ingat, hal-hal yang sifatnya terlalu pribadi lebih baik jangan kamu publikasi…

2. Media Pembelajaran

Belajar lewat blog dapat lebih asik dan efektif karena belajar secara langsung dan dengan metode pembelajaran yang berbeda dari sekolah formal. Kita bisa belajar sambil tiduran, jongkok atau bahkan berlari (emang bisa ya…?). Suasana belajar menjadi lebih santai, dan waktu belajar bisa kita tentukan sendiri, tergantung mood gitu. Nah, pelajaran yang bisa di peroleh dari blogging adalah belajar menulis, belajar menyampaikan sesuatu, dan belajar bersikap kritis. Menulis melalui blog dapat melatih kita agar terbiasa menulis suatu topik agar bisa dimengerti banyak orang. Dan siapa tau tulisan kita ada yang suka dan dibuat novel atau bahkan film. Pernah denger kan kisah Raditya Dika si “kambing Jantan”. Selain itu, melalui blog kita juga dapat belajar design, misalnya belajar mendesign layout, themes, images, photo atau bahkan belajar script seperti html, php, javascript dll. Selain menjadi media pembelajaran bagi blogger, blog juga menjadi media pembelajaran bagi pembacanya. Dengan kata lain, blog menjadi sumber referensi seseorang untuk belajar. Oleh karena itu, dianjurkan bagi blogger untuk share pengetahuannya di blog.

3. Media Penyalur Hobby

Blog dapat pula menjadi media penyalur hobby. Contohnya kamu punya hobi tentang menulis, maka blog dapat menjadi media publikasi tulisan mu, atau kamu punya hobi design grafis, maka blog dapat pula menjadi show case artwork mu dan sekaligus menjadi portfolio design-mu. Dengan menyalurkan hobimu di blog, kita berharap bias bertemu dengan orang-orang yang hobinya sama dengan kita dan tentunya kita bisa share dengan mereka.

4. Media Mencari Uang

Nah mungkin ini alasan yang paling banyak dipakai orang untuk membuat blog. Tapi gak sedikit juga orang yang meragukan bahwa blog bisa menghasilkan uang. Kalo aku ditanya hal itu, jawabanku YA. Karena blog memang bias menghasilkan uang. Tapi saat ini aku ga akan bahas secara detail bagaimana cara mencari uang lewat blog, tapi aku Cuma mau share sedikit aja (karena pengetahuan ku tentang ini sedikit) bahwa blog bisa menghasilkan uang. Affiliate (afiliasi) Metode yang paling simple digunakan, beberapa jenisnya adalah : Menjual Produk, mempromosikan suatu produk, atau menyediakan space iklan. Kamu pasti paham donk gimana caranya…? Kalo belum, izinkan aku untuk menjelaskan (maaf bila ada yang salah)
- Menjual Produk.
Kita bisa membantu menjualkan produk milik orang lain di blog kita, dan kita akan mendapatkan komisi dari pemilik produk. Dengan kata lain, blog kita ibarat toko dan barang yang kita jual milik orang lain
- Mempromosikan Produk.
Cara ini hampir mirip dengan cara diatas. Hanya saja kalo cara diatas kita mendapat komisi apabila produk terjual, namun cara ini kita tetap mendapaat komisi walaupun hanya mempromosikan atau mereview suatu produk.
- Menyediakan space iklan.
Space iklan disini ditujukan untuk pemilik blog/web lain yang ingin memasang iklan di blog kita. Iklan dapat berupa banner atau hanya link text biasa. Biasanya bayaran iklan ini per bulan dain istilahnya adalah jualan link. Salah satu contohnya adalah backlinks yang paling banyak dipakai karena proses pendaftaran yang gampang dan harga yang ditawarkan pun cukup besar. bagi yang tertarik berjualan link, silahkan daftar di backlinks.
Apapun tujuan mu membuat blog bukanlah hal penting yang harus diributkan. Yang penting tetap semangat blogging…!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Footer

Header

Credit By: