Jumat, 19 November 2010

Design Tips: Membuat sidebar pada blog

Design Tips: Membuat sidebar pada blog
Bro and Sist, Sidebar adalah elemen penting dari setiap blog. Jika layout blog kita dibuat menjadi dua kolom, alangkah lebih baik jika sidebar diletakkan di sebelah kanan, karena scroll bar pada setiap web browser terletak disebelah kanan, dan ketika pembaca blog kita men-scroll down halaman blog, secara tidak langsung mereka akan melihat/membaca content yang ada di sidebar.
Sidebar yang baik harus mencakup beberapa item penting, seperti pilihan berlangganan (subscribe), iklan, posting terbaru dan populer, atau elemen yang membantu pembaca menemukan informasi yang terkait dengan artikel yang mereka baca, atau, secara umum, informasi tentang blog yang sedang mereka kunjungi. Beberapa blog juga menambahkan sidebar mereka dengan widget eksternal (Facebook Fan Page atau Google Friend Connect) dan berbagai elemen lainnya (misalnya last twitter update).
Elemen apapun bebas diletakkan pada sidebar, tapi… jangan lebay pliss, ups berlebihan maksudnya hehe… Berikut adalah contoh urutan dari sidebar yang baik kegunaannya:

Pilihan berlangganan (subscribe):

Bagian ini, yang dalam beberapa kasus juga meliputi presentasi singkat dari blog, tempatkan dibagian paling atas sidebar dan mencakup rata-rata sekitar 5% dari area sidebar. Sertakan link ke RSS feed, email subscribe, Twitter dan Facebook profile.

Iklan:

Sidebar adalah wilayah yang sempurna untuk menempatkan iklan. Bagian ini memakan banyak area sidebar, 35%. Saranku, jangan menggunakan lebih dari dua banner (ukuran 125 X 125) untuk satu baris.

Recent dan popular posts:

Isi bagian ini dengan daftar posting terbaru dan yang populer. Ini adalah cara baik untuk menyarankan pembaca blog yang baru berkunjung untuk menikmati pula tulisan kita yang lain. Bagian ini mencakup masing-masing 20% untuk recent dan popular post.

Eksternal widget:

Banyak eksternal widget yang dapat ditambahkan pada sidebar. Widget semacam ini tidak diwajibkan, namun dapat berguna untuk memungkinkan interaksi antara pembaca dan penulis blog serta dapat meningkatkan pengunjung. Area eksternal widget ini cukup 10%.

Elemen-elemen lain:

10% dari sisa sidebar, bisa kita isi dengan last twitter update, tag liss atau tag cloud, dan lainnya yang sekiranya penting untuk ditaruh di sidebar. Namun, jika panjang dari sidebar tidak mencukupi, bisa dibuat dengan tab, seperti pada sidebar disamping kanan tulisan ini. Sepertinya ga perlu kita pasang widget Google PR, visitor counter, hit counter pun banner2 dari web/blog directory, karena selain terlihat berantakan dan terlalu ramai, penambahan widget tersebut juga dapat menambah waktu loading dari blog.
Sebuah pertimbangan terakhir tentang lebar dari sidebar, jangan terlalu lebar pun terlalu sempit. Jika terlalu lebar, maka akan mengurangi main area (posting) yang berakibat area posting manjadi kurang readable. Pun jika terlalu sempit, elemen yang yang ada disidebar menjadi kurang enak dilihat. Aku sarankan agar kamu mengatur properti CSS untuk lebar sidebar sebesar 260px sehingga sidebar kamu bisa berisi dua banner ukuran 125 X 125 piksel dengan jarak 10px antara banner, ditambah dengan padding atau margin untuk mengatur sidebar dengan tepi sebelah kanan browser dan sebelah kiri main area (posting).
Well, cuma segitu tips yang bisa aku kasih, moga bermanfaat buat kita, kalo ada ide lain, tambah dicomment dunk boss =)

0 komentar:

Posting Komentar

Footer

Header

Credit By: